Ramadan Kreatif bersama generasi penerus dari Cibanteng

Tanggal 8 juli kemarin, kami dari Beastudi MUDA PKPU yang berdomisili di desa Cibanteng Bogor telah menyelenggarakan acara yang bernama Ramadan kreatif. Ide acara ini bermula dari tantangan fasilitator kami yaitu mba Dewi Citra Sari. Mungkin karena beliau sering melihat kami sering keluar mencari aktifitas lain di libur ramadhan kali ini seperti ikut pesantren kilat di sekitar Bogor untuk mengisi waktu, akhirnya beliau menawari kami untuk mengadakan acara serupa di sekitar asrama kami. Ya begitulah, ikut membantu di acara desa lain tapi desa sendiri malah terlewatkan.hehe akhirnya dalam waktu 3 hari terhitung sejak tanggal 5 kami mulai merancang dan bergerak untuk melaksanakan acara tersebut. rencananya acara ini terdiri dari rangkaian lomba-lomba yaitu lomba adzan, lomba mewarnai dan lomba membuat kartu lebaran, ada santunan yatim dan dhuafa, dongeng islami serta ifthor jama’i. Santunan tersedia untuk diberikan kepada 40 anak (komunitas Konkret).

Pada hari yang sama dengan pelaksanaan acara tersebut ada salah satu anggota beastudi MUDA yang melangsungkan Seminar hasil Penelitiannya, ka Rica Monica. Karena acara baru dimulai ba’da zuhur, kami merencanakan untuk hadir semuanya ke Seminar ka Rica lebih dulu pada pukul 11.00. Tapi ternyata itu tidak memungkinkan karena masih ada yang harus diurus dan teman-teman yang lain masih ada kesibukan. Akhirnya yang datang hanya aku dan Nida. Barakallah ka Rica! Superr sekali presentasinyaa…

 Saat Acara berlangsung

Ada yang pernah merasakan bagaimana menghadapi anak kecil seumur PAUD dan TK dalam jumlah banyak? Kebayang kan gimana ricuhnya? Hmm mantap. Yup, dan acara ini pesertanya adalah anak-anak PAUD, TK dan SD. Dengan personil Beastudi MUDA yang hanya bertujuh. Itupun dua personil di antaranya tidak bisa ikut dari awal, jadilah kami hanya berlima. Rangkaian acaranya ada lomba-lomba yaitu lomba adzan, lomba mewarnai dan lomba membuat kartu lebaran, ada santunan yatim dan dhuafa, dongeng islami serta ifthor jama’i. Tiga dari kami masing – masing jadi PJ lomba, 1 konsumsi dan 1 korlap. Sebutin aja kali yahh.. Korlap > uchan, Konsumsi > Tri dan ka Opi, Pj Lomba adzan > Umi Nur (Uchol), PJ lomba mewarnai > saya sendiri, dan Pj lomba membuat kartu lebaran > Nida. Selain itu saya juga jadi pembawa acara disana bersama ka Shafa. SDM nya sangat terbatas, oleh karena itu kami meminta bantuan anak Beastudi MUDA UI untuk hadir, namun ternyata mereka pun banyak yang berhalangan. Ada yang sudah pulang, ada yang sakit, ada yang ada urusan lain. Tak apa, acara tetap harus dilangsungkan ._.

Acara ba’da zuhur sampai asar adalah acara perlombaan. Seharusnya di awal ada pembukaan, tetapi karena suasana sudah ricuh akhirnya lomba langsung dimulai saja. Setelah dua lomba berlangsung, masih ada satu lomba yang belum dimulai karena menunggu juri yang masih dalam perjalanan (jurinya dari beastudi MUDA juga). Alhamdulillah acara perlombaan berlangsung dengan lancar, walaupun di lomba mewarnai sempat ada anak PAUD yang menangis karena capek katanya 😀 . lucu juga. Dia ingin dibantu ibunya, tapi ibunya keukeuh ga mau bantu karena memang peraturannya harus dikerjakan sendiri oleh anak-anaknya. Akhirnya diperbolehkan dibantu, anaknya menag masih kecil sekali. Setelah perlombaan, acara dilanjut dengan sholat ashar berjama’ah.

Selesai sholat, peserta di bimbing untuk membaca surat-surat pendek oleh ka Ammar, beastudi MUDA UI yang juga sebagai juri lomba adzan (hanya ini yang bisa hadir dari UI). Anak-anak cukup antusias mengikuti rangkaian acara dengan kekhasan mereka. Apalagi saat masuk waktu mendengarkan dongeng yang disampaikan oleh Ka Zaenal, dari Birena Al-Hurriyah IPB. Anak-anak dengan semangat mengikuti gerakan-gerakan yang dicontohkan ka Zaenal. Acara terakhir yaitu buka bersama. Cukup susah memang mengatur anak-anak kecil untuk berbuka, ribut, rebutan, tangis, semuanya. Tak lama kemudian teras mushola pun menjadi korban kelincahan anak-anak saat memakan hidangan berbuka. Wkwkwk. And finally this is the end of this program 🙂

Di belakang layar

Awalnya acara ini hanya mendapatkan sumber pendanaan sebesar 200.000 tapi alhamdulillah atas kerjasama yang baik dari semuanya akhirnya acara ini menjadi surplus dan jumlah peserta lebih dari yang ditargetkan. Banyak pihak – pihak yang ikut membantu memberikan donasinya untuk kesuksesan acara ini, ada dari alumni beastudi MUDA angkt.1, ada dari mahasiswa yang memberikan support berupa materi dan juga makanan, ada dari komunitas Konkret juga yang memberikan santunan. Terimakasih semuanya.

Terimakasih spesial terutama buat personil beastudi MUDA angkatan dua yang sudah berjuang dengan gayanya masing-masing untuk acara tersebut J hehe kalian luar biasaaaa.. terimakasih juga bagi temen-temen yang dari UI, apalagi buat ka Ammar yang sudah menyempatkan diri hadir membantu dan bersedia ikut riweuh bersama kami mengadapi anak-anak ini. Bagi yang belum bisa hadir juga terimakasih banyakk. Atas do’a dari kalian semuanya akhirnya acara ini berjalan lancar sampai akhir. Pokonya banga dan seneng banget deh bisa kenal sama kalian semua hey Beastudi MUDA! Beneran! Semoga ke depannya kita semua bisa semakin kompak dan terus semangat sebagai para Pejuang MUDA Indonesia.

IMG-20150709-WA0028IMG-20150709-WA0027

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s