Hari ini aku belajar banyak tentang kiri dan kanan. Sebenarnya sudah lama aku menargetkan untuk selesai membacanya, buku Ippho Santosa yang berjudul 7 keajaiban Rezeki ini. Namun dari sejak pertama mendapat bukunya aku baru selesai baca hingga bab 2.hehe dan sisanya aku baca di kala senggang. Aku tak membuat aturan yang terlalu mengikatku untuk segera menyelesaikan buku tersebut.

Setelah membaca sebagian dari buku itu, aku sadar bahwa rupanya selama ini aku terlalu kekirian. Jadi malu sendiri aku membaca buku ini. Selama ini aku selalu menganggap bahwa aku adalah golongan orang-orang yang berada di lajur kanan. Namun ternyata usaha memaksimalkan otak kanan pun belum juga dimulai. Haaaahhhmmm >.< masih layak kah ku sebut diri ini sebagai golongan kanan? (mungkin masih, tapi malu kali)

Membaca buku ini selalu memberi motivasi. Lembar demi lembarnya selalu memberi pencerahan kala aku membacanya. Aku harap aku bisa segera menyelesaikannya hingga aku bisa benar-benar menjadi orang yang dominan kanan (RIGHT).

Selama ini aku terlalu sistematis, teoritis dan menolak yang dinamis. Itulah sifat-sifat dan kebiasaan orang-orang kiri. Padahal di lain waktu aku sering tidak suka pada orang yang terlalu kekirian. Ternyata aku sendiri masih dominan kiri. :3

Kebiasaan orang kiri bisa dilihat dari kesehariannya. Begitu pula juga kanan. Pokoknya orang kanan itu kreatif, inovatif, berani mencoba hal baru. Sedangkan si kiri lebih berurut, tidak mau kalau tidak berurut dan begitulah. Walaupun di kesempatan lain orang – orang kiri ini diperlukan juga untuk mematuhi aturan. Sedangkan si kanan karena keberaniannya dan keacakan kerjanya malah banyak melanggar aturan. Tapi tenang saja, sepertinya tidak begitu. Malah orang – orang kirilah yang sering melanggar dan melakukan hal yang tidak baik. Karena orang kanan itu ya cenderung ke kanan sedangkan orang kiri lebih cenderung ke kiri.

Banyak pengibaratan yang mengindikasikan bahwa kanan itu benar dan kiri itu salah. Atau bisa kita sebut dengna kata lain, kana itu lebih baik. Contoh bahasa inggris yang artinya ‘kanan’ dan ‘benar’ itu sama, yaitu RIGHT. Sedangkan yang artinya ‘kiri’ dan ‘ketinggalan’ itu LEFT. Contoh lainnya biasa ada di jalanan, “Gunakan lajur kana untuk mendahului”, dan kalimat lain yang berbunyi “lajur kiri untuk melambat” ya kurang lebih seperti itulah intinya.hehe

Orang-orang kanan memang sering di cap aneh, salah, sinting, atau hal negatif lainnya. Mengapa? Ya karena di dunia ini dominan orang-orang kiri. Orang-orang kiri selalu merasa bahwa dia yang benar, aturan dia lah yang benar. Kalau orang lain tidak mengikuti aturannya, berarti dia salah. Begitulah, tanpa toleransi. Padahal manusia diciptakan berbeda-beda juga dengan kelebihan yang tidak sama. Maka adanya pandangan berbeda tentang jawaban suatu masalah adalah suatu hal yang wajar. Cara menjawab yang berbeda-beda juga lumrah karena banyak cara untuk mencapai hal yang sama.

Leave a Reply

