hari ini hari Selasa, tepatnya tanggal 13 Oktober 2015. salah satu hari yang full jadwal akademik. pagi praktikum, lanjut kuliah. sebelum itu karena ada kewajiban baru merintis “solusi” jadi aku harus lebih membagi waktu untuk bisa selesaikan “solusi” itu. sampai sampai aku lupa dengan tugas tugas kuliah –” (ya ampun seharusnya ga kaya gini). setelah itu lanjut kuliah lagi lalu ada responsi PAI. hmmm dan sayangnya pada hari ini juga aku telah menjanjikan sesuatu agar selesai. akhirnya harus ada yang aku korbankan T-T huhu maafkan aku yaaa

selain itu saat perjalanan pulang ternyata jalanan macettttt sekaliii. memang seringkali jika malam hari libur jalanan lebih macet dari biasanya. ditambah lagi sekarang ada pawai masyarakat yang menyambut tahun baru Islam. perjalanan yang harusnya hanya 3 menit menjadi harusย  kurang lebih 30 menit. masyaallah.. untungnya ada yang memberitahuku bahwa macet sangat parah sebelum aku naik angkot. akhirnya aku memilih berjalan kaki dari kampus sampai ke Home sweet home perantauanku ๐Ÿ˜€ alhamdulillah selamat. danku sampai duluan daripada kawanku yang naik angkot . ckck

aku yakin pada awalnya, ide pawai menyambut tahun baru Islam adalah untuk sesuatu hal yang baik. mengingat zamannya berbeda dan permasalahan pada waktu itu juga berbeda dengan sekarang. jika meihat kondisi zaman sekarang apalagi di Bogor terlebih khususnya lagi Dramaga, memang kemacetan adalah santapan sehari-hari (kayanya hampir ga ada hari tanpa macet). akibatnya saat ada Pawai besar-besaran menyambut tahun baru Islam, banyak masyarakat muslim yang lain yang tidak ikut dalam barisan mereka memberikan penilaian yang negatif. memang sebenarnya jika pawai itu lebih kepada ajang main-main sepertinya itu tidak perlu karena pasti akan banyak menimbulkan mudhorot. seperti banyak anak keciln yang ikut padahal masih rawan sakit, banyak perempuan yang campur baur dengan laki-laki (ikhtilat), sampai duduk di pinggiran mobil, itu kan cukup berbahaya. bahkan ada hal yang lebih baik jika ingin benar-benar memeriahkan tahun baru Islam. bisa dengna datang ke pengajian, atau perbanyak beribadah di Masjid, musholla, atau di rumah sendiri bagi yang perempuan. tentunya itu akan lebih baik. ๐Ÿ™‚

namun bukan berarti pawai itu salah. ada baiknya untuk mengingatkan manusia-manusia yang lain bahwa masih ada tahun baru Islam yang lebih baik untuk kita jadikan acuan. mengingatkan sebagian besar manusia yang terlena dengan hiruk pikuk dunia.

***

ada sedikit rasa menyesal. sesal karena akibat dari aktifitas padat hari ini, melupakan ku pada momen penting juga, yaitu pergantian tahun dalam ajaran Islam yang terjadi malam ini… seharusnya aku membuat sebagian besar waktu hari ini untuk nya agar ada dalam pikiranku lebih sering. mengenang masa setahun silam dan menerawang apa yang aku bisa lakukan selanjutnya ke depan…merancang hidup, menetapkan targetan-targetan selanjutnya.

ah ya. aku ingat masih ada malam ini. sisa waktu. semoga bisa menjadi awal yang baik untuk persiapan tahun depan. ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

