Sedikit catatan pertemuan kemarin. Semoga bermanfaat.

Departemen AGH melingkupi bidang yang luas dalam budidaya tanaman. Sehingga terdapat 4 divisi di dalamnya.

  1. Divisi ekofisiologis

Kepala divisi ini adalah Bapak Munif Ghulamahdi. Bagian ni cukup mendapat banyak dana riset. Harapannya hasil dari riset-riset tersebut dapat di bawa ke masyarakat. Terdapat 6 profesor, 8 doktor, dan 3 master.

Berikut ini adalah beberapa dosen dengan spesialisasi penelitiannya :

  • Bapak Didy Sopandie : tanah masam
  • Ibu Sandra Arifin Aziz : tanaman obat, pertanian organik.
  • Ibu Maya Melati : kedelai, tanaman obat.
  • Bapak Suwarto : ubi kayu (singkong)
  • Bapak Dwi Guntoro : Tomat, tanaman pangan.

Aspek ekofisiologis yang diteliti berkaitan dengan unsur biotik dan abiotiknya. Unsur biotik meliputi mikorhiza, benih dan gulma. Unsur abiotiknya meliputi air, cahaya, dan jenis tanah.

Terdapat beberapa jenis penelitian di departemen AGH, yaitu penelitian dasar, penelitian terapan dan penelitian action. Penelitian terapan itu yang biasa dilakukan oleh mahasiswa S1, penelitian unggulan untuk peningkatan produksi. Sedangkan penelitian action itu serupa dengan terapan namun bekerja menyangkut dengan orang lain. Misalnya penelitian pada lahan seluas 500 ha/1000 ha. Seorang agronomi harus bisa kerja memanage hal seperti ini karena memang itulah tujuannya seorang agronomist dibentuk.

Bapak Munif berencana untuk membuat payung payung penelitian, yaitu 1) payung penelitian tanamna pangan, 2) tanaman perkebunan, 3) tanaman hortikultura dan 4) tanaman obat. Payung penelitian ini dibentuk dengan melihat dari aspek komoditas dan lahan (agroekosistem). Payung penelitian ini merupakan satu langkah untuk mempermudah langkah selanjutnya dalam publikasi nasional maupun internasional.

  1. Divisi Genetika dan Pemuliaan tanaman

Kepala divisi ini adalah bapak Suryono. Ini adalah bagian yang harus didalami oleh seorang calon pemulia tanaman. Modal seorang pemulia adalah plasma nutfah. Biasanya tidak ada biaya dari pemerintah untuk menyimpan plasma nutfah, sehingga seringkali para pemulia menyimpan plasma nutfah dengan uang dari kantong mereka sendiri. Berikut ini beberapa personil dosen yang ada dalam divisi Genetika dan komoditi yang sering ditelitinya, yaitu :

  • Bapak Sobir, salah satu dosen pemulia, mendapat dana penelitian sawit sebanyak 2 milyar.
  • Bapak Syukur, sayuran indigenous.
  • Bapak Hajrial Aswidinnoor, padi.
  • Ibu Yudiwanti, ketua prodi PTT
  • Ibu trikoesoemaningtyas (Ning), sorgum, gandum
  • Ibu Syarifah Iis Aisyah, tanaman Hias
  • Ibu Desta Wirnas, sorgum dan kedelai hitam
  • Bapak Willy Bayuardi, genetika kualitatif, jagung.
  • Ibu Anggi Nindita,
  • Ibu Siti Marwiyah.
  • Bapak Arya Widura, cabai dan pare.
  1. Divisi Benih

Kepala divisi ini adalah Bapak Satriyas Ilyas. Benih ini penting untuk keberlanjutan produksi komoditas pertanian. Seringkali suatu komoditas yang banyak diminati namun dari segi perbanyakan benihnya terkendala. Maka divisi ini bertugas untukmenyelesaikan permasalahan tersebut.

Prodi benih tingkat S2 dan S3 hanya ada di IPB. Selain benih generatif, juga diteliti benih vegetatif. Seperti benih jahe yang berupa rimpangnya. Cukup banyak komoditi potensial dari segi perbenihan yang perlu dikembangkan. Contohnya pala, pala ini termasuk komoditi yang diincar, namun dari segi perbenihan belum tersentuh. Selain komoditi yang biasa dikonsumsi manusia, bagian benih juga sudah merambah pada benih pakan ternak.

  1. Divisi Bioteknologi Tanaman

Kepala divisi ini adalah Bapak Sudarsono. Salah satu kegiatan divisi ini adalah produksi dan evaluasi tanaman transgenik.

  1. Divisi produksi Tanaman

Kepala divisi ini adalah bapak Roedhy Poerwanto. Beliau sedang sakit, semoga sakitnya segera diangkat dan bisa pulih kembali. Aamiin.

Divisi ini menawarkan program magang yang dibawahi oleh pa Ade Wachjar. Personil dosen pada divisi ini ialah :

  • Bapak Purwono : tebu.
  • Ibu Krisantini : Bunga
  • Ibu Ketty Suketi : buah-buahan, pepaya.
  • Bapak Anas : Sayuran, Sayuran indigenous.
  • Bapak Winarso : Pascapanen
  • Pa Sugiyanta : Padi, penelitian mahasiswanya tidak di Bogor
  • Bapak Ahmad Junaedi : magang perkebunan, padi eksotis, padi hitam, padi merah.
  • Ibu Ani Kurniawati : Jamu, tanaman obat.
  • Bu Juang : (kalau tidak salah hortikultura)
  • Bapak Deden : jeruk.

PERTANYAAN DAN JAWABAN

  1. Ai Maryam : “kalau mau bertanya lebih jauh terkait tanaman obat ke siapa saja?”

A : Bu Sandra, Bu Maya, Bu Ani, Pak Slamet, Pak Sofyan.

  1. Wahyu Utomo : “kalau saya mau penelitian terkait dengan hama penyakit tanaman, apakah mungkin jikan pembimbingnya juga ada dari PTN ?”

A : ya, bisa terjadi 2 pembimbing. Satu dari Dept AGH dan satu lagi dari Dept PTN.

  1. Ka Wildan : “mengingat waktu pertumbuhannya yang lama, bagaimana jika ingin penelitian tanaman sagu?”

A : Biasanya untuk tanaman sagu, penelitian di lakukan pada fase pembibitan.

  1. Aih Rohmawati :” apa ada penelitian benih terkait benih tanaman obat? Adakah magang terkait tanaman obat ? adakah permintaan langsung dari pihak luar untuk pengembangan lebih lanjut terkait tanaman obat kepada departemen AGH?

A : ada. Salah satunya benih jahe. Lingkup benih meliputi semua komoditi. Magang terkait tanaman obat bisa saja diajukan jika enemukan tempat yang tepat. Baiknya segera diajukan agar tim dosen segera melakukan survey ke tempat tersebut. Namun sampai saat ini belum pernah ada magang tanaman obat. Permintaan untuk meneliti tanaman obat belum pernah datang langsung ke departemen, namun biasanya permintaan tersebut datang ke pusat studi biofarmaka IPB.

  1. Magang benih biasanya di East west, BISI, dll. Mahasiswa tidak harus memilih topik yang ditawarkan dosen. Mahasiswa bisa mengajukan sendiri. Namun jika magang di tempat yang berbeda dengan yang ditawarkan dosen sebaiknya bsegera diajukan agar pihak departemen dapat menjajaki tempat tujuan magang tersebut apakah sesuai standarnya atau tidak. Magang penelitian jelas berbeda dengan magang liburan. Magang biasnaya untung-untungan juga. Ada yang transport dan akomodasinya free. Ada juga yang semuanya harus bayar. Magang itu juga penelitian tapi dalam bentuk survey.
  2. Hafidz Ahmad B : “ bagaimana jika mendapat dosen pembimbing yang jauh dan sulit ditemui seperti contohnya Ibu Krisantini?

A : tidak apa-apa. Konsultasi masih bisa dilakukan via skype/wa. Atau Ibu Krisantini bisa menjadi pembimbing kedua, bukan yang pertama.

  1. Isyfi Syaufi N : terkait tali putri. (maaf saya tidak menyimak bagian ini)
  2. M Ariansyah : jika topik penelitian saya mengenai pemanfaatan zat X pada timun sebagai penurun tekanan darah, topik tersebut masuk ke divisi mana ya bu?

A : masuk ke biofarmaka, bukan teknik produksi. Kecuali jika topiknya meneliti tentang penanaman timun untuk meningkatkan jumlah zat x, itu bisa.

 

PEMILIHAN TOPIK SKRIPSI

PEMILIHAN TOPIK DILAKSANAKAN SEBELUM SEMESTER 6 DIMULAI. AKAN DIBUKA PADA TANGGAL 18 JANUARI PUKUL 08.00 – 21 JANUARI PUKUL 16.00 . kirim email ke pa Wasta dengan format nama_NIM_nama dosen_topik .

Mata kuliah pilihan semester genap

  • Karbohidrat non biji dan pemanis (kanobi)
  • Pemuliaan tanaman terapan
  • Tanaman hias
  • Tanaman sayuran
  • Produksi dan pengolahan benih

Mata kuliah pilihan semester ganjil

  • Penyimpanan dan pengujian mutu benih
  • Tanaman penyegar, obat dan aromatik
  • Tanaman buah

Pengambilan topik skripsi harus sesuai dengan mata kuliah pilihan yang diambil. Misalnya jika ingin penelitian tebu maka harus sudah mengambil mata kuliah Kanobi. Contoh lain, jika ingin penelitian benih maka harus mengambil PPB dan PPMB. Dan bagi yang mau fast track harus mengambil mata kuliah Pemuliaan Tanaman Terapan.

Info : dalam kondisi KHUSUS (cito, statim, urgent :D) MK Pilihan dapat menggantikan Mk SC. Tetapi harus benar-benar dalam kondisi khusus dan sebelumnya harus melapor pada Bu Heni Purnamawati lebih dahulu.

Bagi yang magang dan penelitian di luar IPB maka harus selesai dulu semua mata kuliahnya hingga semester 8.

 

INFO PENTING : silahkan perwalian sebelum pulang ke kampung halaman masing-masing. Konsultasikan juga topik penelitian.

sekian dari saya 🙂 . maaf jika kurang lengkap. hehe

semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s