sebuah kerelaan

kita tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. kita butuh mereka. pertolongan dari orang lain akan datang pada kita, jika kita juga membantu mereka. prinsip aksi reaksi.tentunya bantuan dari orang lain, atau kita bisa menyebut mereka saudara, itu datang atas izin dari Nya. seperti hadits berikut ” wallahu fii ‘aunil abdi maa kaanal abdu fii ‘auni akhii”, Allah akan menolong seorang hamba, selama hamba itu menolong saudara-Nya.

kerelaan atas berbagai persoalan yang berkaitan dengan saudara kita, akan membuat hubungan kita menjadi lebih baik. rela memberikan hal yang kita cintai dan lebih mengutamakan kepentingan saudara kita. makanan yang disukai, benda kesayangan, momen berharga, itu semua kita rela melepasnya untuk mereka, saudara kita. rela menyediakan waktu yang begitu berharga untuk mendengarkan cerita saudara kita. rela memberikan sebagain harta yang kita miliki untuk mereka. rela tubuh kita sakit hanya untuk meringankan beban mereka. rela hati kita menerima semua kekurangan saudara kita.

begitu mulianya engkau jika bisa mengutamakan saudaramu. menjadi penghibur dan membuat mereka nyaman untuk berada di dekatmu. kemampuanmu untuk lebih mengutamakan saudaramu, menunjukan kelapangan hati yang begitu luas. Tentu itu tidak mudah. dia berkorelasi dengan kadar keimananmu. betapa mulianya dirimu, jika kau bisa.

setidaknya, jadikan senyum terbaik selalu berhias di wajah saat mereka menatapmu. sepahit apapun masalah yang sedang menimpamu, jangan jadikan ia alasan  bagimu untuk berwajah keruh di hadapan mereka. mungkin kau tidka tau bahwa mereka menympan masalah besar. setidaknya senyum terbaik yang setia bersarang di wajahmu akan meringankan beban mereka. membuat mereka yakin bahwa masih ada harapan dan kebahagiaan yang bisa mereka dapatkan.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s