IPB Bersholawat

29 Mei 2016

Alhamdulillah .. IPB bersholawat. Baru kali ini aku merasakan yang seperti ini di sini, di kampus, tanah rantau. Menemukan apa yang biasanya kutemukan dulu di rumah, akhirnya kutemukan juga di tanah rantau ini. Mulai pukul 7 pagi, saat beranjak mendekati lokasi. Yaitu Gedung Grha Widya Wisuda (GWW), gedung yang paling bersejarah di IPB karena disanalah tempat awal dan akhirnya seorang mahasiswa secara resmi masuk dan keluar dari kampus ini. Pemandangan yang sejuk di mata dan juga mendamaikan hati telah menghiasi. Orang-orang berpeci dan bersarung hilir mudik. Ditambah lagi kemeja koko putih. Duh, indahnya, tentramnya. Wajah-wajah ramah khas masyarakat desa yang memang adatnya ramah membuat hati semakin tentram. Ya Allah.. akhirnya inilah saatnya.

Telah disampaikan juga oleh Habib Mahdi bin Hamzah Assegaf (yang memimpin sholawat pada acara ini, dari MT Syababul Kheir, Bogor) bahwa inilah saatnya kita bangkit, kaum ahlus sunnah wal jama’ah. Dengan kebiasaan-kebiasaan positifnya. Tak perlu malu menunjukkan bahwa inilah saya, yang suka sholawatan, yang suka tahlilan, suka ziarah kubur. Bahwa Indonesia dulu juga merdeka didominasi oleh gerakan para santrinya yang bersahaja. Istiqomahkan mengamalkan sholawat, sebagai bukti cinta Rasulullah s.a.w. cinta kepada rasulullah S.A.W mencerminkan keimanan kita. Maka tidak alasan bagi kita untuk bersembunyi. Tidak alasan bagi kita untuk membiarkan diri kita terus diam dan hanya menyimpan kebiasaan-kebiasan positif yang indah ini hanya untuk kalangan kita sendiri. Saatnya kita menyentuh ranah kampus kita tercinta. Sentuh dengan lembut, tunjukkan bahwa yang namanya sholawatan tidak hanya ada di kampung masing-masing tapi juga ada di tanah rantau sini, bahwa ada juga sholawatan di kampus kita tercinta ini. Saatnya kita tunjukkan pada yang lain bahwa ada juga tradisi-tradisi seperti ini di kalangan mahasiswa. Bagi yang merindu, bisa ikut bergabung, terbuka untuk semua.

Lantunan sholawat bergema di penjuru gedung GWW. Menjadi bukti bahwa kami semua yang berkumpul disini mengharapkan ridho Allah, mengharapkan syafa’at dari Rasulullah.

Tidak ada waktu yang terbuang percuma dalam acara ini insyaallah. Memang acara resmi dimulai sekitar pukul 9. Namun aku merasa, sejak jam 7 acara ini sudah mulai. Karena saat pertama hadir sudah diperdengarkan lantunan sholawat. Mengetuk hati dan mendorong lisan agar bergerak mengucap sholawat juga. Tak berselang lama sekitar pukul 07.30, disambut langsung oleh tim hadrah KMNU IPB. Ini menurut saya adalah penyambutan langsung bagi para pendatang, Sambutan spesial bagi mereka yang datang lebih awal. Karena hanya yang datang lebih awal yang dapat menikmatinya, setelah itu giliran tim hadrah dari habib nya 😀 .

Tidak ada waktu yang terbuang percuma. Waktu menunggu para pengisi acara hadir, diisi dengan sholawat. Sungguh acara yang penuh berkah. Insyaallah.

Terima kasih banyak KMNU IPB telah menyelenggarakan acara ini. semoga amalan kalian dibalas dengan sebaik-baik balasan oleh Allah. karena ada kalian yang mau bergerak, terlaksanalah acara ini. semua diawali dengan kemauan. bagaimana bisa mau bergerak jika tidak ada rasa suka, bahkan lebih dari itu kalian punya cinta. cinta yang besar kepada Rasulullah S..A.W hingga bisa mendorong kalian bergerak untuk mewujudkan ini semua.

 

Advertisements

One thought on “IPB Bersholawat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s